Persela Lamongan Kena "Come Back" Barito Putera

By ommed


nusakini.com - Barito Putera memperlebar jarak poin dengan tiga tim di zona merah setelah mencatat kemenangan 4-2 atas Persela Lamongan di Stadion Kompyang Sujana, Jumat (18/2) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-26 Liga 1 2021/22.

Hasil itu membuat Barito Putera berhasil mencetak tiga kemenangan secara beruntun. Ini merupakan kali pertama Laskar Antasari tidak kehilangan satu pun poin dari tiga pertandingan pada musim 2021/22.

Barito Putera juga berhasil memperlebar jarak poin dengan tiga tim penghuni zona merah, yakni Persipura Jayapura, Persela, dan Persiraja Banda Aceh. Kendati demikian, Barito Putera masih berada di peringkat 15 dengan koleksi poin 25.

Walau begitu, tim besutan Rahmad Darmawan ini unggul tiga angka dari Persipura yang menempati peringkat teratas zona degradasi. Mereka juga mengungguli Persela dengan selisih enam poin. Bagi Persela, hasil ini membuat mereka melalui 17 laga tanpa kemenangan.


Pertandingan dua tim papan bawah ini berlangsung ketat sejak menit pertama. Persela berhasil membuka keunggulan terlebih dulu pada menit ke-17. Sepak pojok Guilherme Batata disambut tandukan Jose Wilkson yang diselesaikan Rahel Radiansyah.

Selang lima menit kemudian, Persela sukses menggandakan keunggulan ketika Kim Jin-sung melakukan blunder. Bola sepakannya jatuh ke kaki M Nur Iskandar yang langsung memberikan umpan kepada Gian Zola, dan selanjutnya menjebol gawang Muhamad Riyandi.

Barito Putera yang merasa tersentak dengan gol itu berusaha membalasnya. Upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-23 ketika Bruno Matos sukses menaklukkan Abdul Rohim, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Kubu Barito Putera bersorak kegirangan setelah mampu menyamakan skor pada menit ke-31. Tendangan bebas Renan Da Silva menciptakan kemelut di kotak penalti, dan bola liar disambar Rafael Silva untuk menjebol gawang Persela. Skor 2-2 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Duel antara Persela dan Barito Putera tetap berlangsung sengit di babak kedua. Persela dan Barito Putera silih berganti melakukan serangan, namun tidak ada gol yang tercipta.

Barito Putera akhirnya membalikkan keadaan ketika tendangan roket Bayu Pradana dari jarak sekitar 30 meter tidak berhasil dibendung Abdul Rohim pada menit ke-52, sehingga membawa mereka unggul 3-2.

Laskar Antasari memastikan kemenangan "Come Back"-nya menjadi 4-2 menjelang pertandingan berakhir lewat serangan balik. Umpan Rafi Syarahil disambut Matos yang langsung menggiring bola ke kotak penalti, dan menaklukkan Abdul Rohim. (gii/om)